DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BELIMBING RESTO DAN CAFE KABUPATEN DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Aulia, Kiki
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-01-16 08:05:03 
Abstract :
Kiki Aulia, ?Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak?. Skripsi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang,2023 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak yang dibuktikan dengan data pra penelitian mengenai kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak. Adapun variabel bebas yang digunaka pada penelitian ini adalah 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), empati (X5) dan persepsi harga (X6), serta variabel terikat kepuasan pelanggan (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang pernah berkunjung ke Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak, dengan sampel penelitian 96 partisipan. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak. Hal itu dibuktikan dengan variabel bukti fisik (X1) memiliki nilai thitung 2,260, kehandalan (X2) 2,808, daya tanggap (X3) 2,263, jaminan (X4) 2,057, empati (X5) 2,140 dan persepsi harga (X6) 2,130 lebih besar dari ttabel 1,662. Selain itu nilai signifikansi variabel bukti fisik (X1) 0,026, kehandalan (X2) 0,006, daya tanggap (X3) 0,026, jaminan (X4) 0,042, empati (X5) 0,035 dan persepsi harga (X6) 0,036 lebih kecil dari level of significance (? = 0,05) yang berarti H1,H2,H3,H4,H5 dan H6 diterima dan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak. Pada uji F dibuktikan dengan nilai Fhitung 115,974 dengan nilai Ftabel 2,20. Selain itu nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H7 diterima dan secara bersama-sama variabel bebas mempengaruhi kepuasan pelangan dengan presentase 88,7 % dilihat dari nilai R squere. Kata Kunci : kualitas pelayanan, persepsi harga, kepuasan pelanggan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang