Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas media asessment
online berbasis quizizz pada materi peluang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RND
dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis,
perencanaan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian mencakup angket validasi ahli media, angket
validasi ahli materi, angket kepraktisan siswa dan soal tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini
dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitataikif. Hasil validator ahli media pada
lembar validasi sebesar 85,7% yang dengan kriteria sangat baik artinya desain dalam media quizizz
sudah sesuai dengan ahli media, sedangkan pada validator ahli materisebsar 88,6% yang artinya soal
yang dipakai di quizizz sudah sesuai dengan kurikulum di sekolah. Hasil dari angket mengukur
kepraktisan siswa sebesar 86,86% dengan kategori sangat baik yang artinya pembelajaran
menggunakan media quizizz lebih praktis dari pada menggunakan asessment secara konvensional.
Hasil uji coba menunjukan perbedaan kelas yang menggunakan media quizizz dan yang tidak
menggunakan quizizz, nilai keefektifitasnya sebesar 1,59919 yang artinya pembelajaran
menggunakan media quizizz lebih efektif dari pada konvensional tanpa menggunakan media
pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Quizizz, Penilaian Instrumen