DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 02 KUTA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Septiadi, Kurnia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 08:04:44 
Abstract :
KURNIA SEPTIADI. NPM 16120144. ?Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 02 Kuta Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya kemampuan belajar membaca permulaan pada siswa di jenjang SD. Adapun fakta di lapangan menunjukan masih ditemukannya beberapa siswa yang belum bisa membaca. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana faktor penyebab kesulitan belajar membaca permulaan pada Siswa di SD Negeri 02 Kuta ? (2) Bagaimana bentuk atau jenis kesulitan yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 02 Kuta? (3) Bagaimana upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca? Berdasarkan fokus tersebut maka tujuan penelitian ini adalah. (1) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan anak mengalami kesulitan membaca permulaan yang di alami siswa kelas 1 SD Negeri 02 Kuta. (2) Menjelaskan bentuk atau jenis kesulitan apa saja yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 02 Kuta. (3) Menganalisis upaya apa saja yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model studi kasus deskriptif. Sumber data adalah peserta didik kelas 1 SD Negeri 02 Kuta Tahun Pelajaran 2021/2022 sejumlah 5 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan (1) kesulitan membaca permulaan yang di alami siswa kelas 1 SD Negeri 02 Kuta dialami sekitar 16% dari total 31 peserta didik. Kesulitannya siswa belum bisa membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan dalam menggabungkan huruf diftong dan terakhir terdapat anak yang belum hafal dan faham huruf alfabet. (2) faktor penyebab kesulitan membaca permulaan yang di alami siswa kelas 1 SD Negeri 02 Kuta adalah faktor intelektual,sarana, lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar guru melakukan perbaikan mengenai kelemahan peserta didik dalam kesulitan belajar membaca permulaan, agar diberikan waktu tambahan diluar jam pelajaran agar siswa bisa cepat membaca. Kata kunci : analisis, kesulitan belajar, membaca permulaan. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang