DETAIL DOCUMENT
ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI PENAWANGAN 01 PRINGAPUS SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ASIYAH, IRMA NUR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 06:22:33 
Abstract :
IRMA NUR ASIYAH. NPM 19120425. ?Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing Ikha Listyarini,S.Pd.,M.Hum. Dosen Pembimbing II Asep Ardiyanto,S.Pd.,M.Or. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 yang telah memiliki gadget sejak dini. Mereka menggunakan gadget secara berlebihan dan tak terkontrol sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajarnya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang? , 2) Apakah terdapat dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 Pringapus Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, orang tua siswa, dan siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Penawangan 01 tidak begitu signifikan. Dapat dinyatakan bahwa penggunaan gadget memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa karena secara keseluruhan terjadi peningkatan dalam hasil belajar mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa diharapkan mampu menahan diri untuk tidak bermain gadget secara berlebihan demi kebaikan, tidak mencoba-coba menonton konten yang tidak baik, dan menggunakan gadget untuk hal yang positif. Orang tua juga diharapkan mampu memberikan arahan yang tepat mengenai penggunaan gadget yang bijak kepada anak-anak dan selalu mengontrol penggunaan gadget oleh anak secara teratur. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang