DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 3 SUMBERAGUNG KABUPATEN BOYOLALI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WARSITI, .
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 06:24:27 
Abstract :
WARSITI. NPM 19120373. ?Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih kurang memuaskan. Hal tersebut disebabkan kurangnya variasi dalam pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Apakah model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali?? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre- experimental design dengan jenis one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melaui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pretest siswa menunjukkan bahwa rata-rata yang diperoleh sebesar 55,45, sedangkan pada hasil posttest diperoleh rata-rata sebesar 83,18. Selanjutnya perhitungan dilakukan dengan menggunakan uji t. Kemudian hasil dari uji t, diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H 0 ditolak dan H a diterima. Kesimpulannya adalah model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa yang berasal dari nilai pretest adalah 27 % dan nilai posttest adalah 91%, sedangkan untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa adalah 100%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat berdasarkan uji N-Gain yang memperoleh hasil yaitu 0,6529 dengan kategori sedang. Saran penelitian yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran project based learning diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan materi pembelajaran maupun karakter siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang