DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PEMANFAATAN ECOBRICK DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOMUNITAS HARAPAN KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Mustaghfiroh, Khoerul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:02:00 
Abstract :
KHOERUL MUSTAGHFIROH. NPM 19120136. ?Keefektifan Model Project Based Learning dan Pemanfaatan Ecobrick dalam Meningkatkan Literasi Sains pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Komunitas Harapan Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya tingkat literasi sains anak di Komunitas Harapan Kota Semarang. Hal tersebut disebabkan kondisi lingkungan yang tidak mendukung dan pembelajaran yang tidak kontekstual dalam mengoptimalkan kemampuan anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model project based learning dan pemanfaatan ecobrick dapat meningkatkan literasi sains pada anak usia sekolah dasar di Komunitas Harapan Kota Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari penerapan model project based learning dan pemanfaatan ecobrick dapat meningkatkan literasi sains pada anak usia sekolah dasar di Komunitas Harapan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre Experimental Design dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia sekolah dasar kelas tinggi di Komunitas Harapan yang telah diketahui bahwa tingkat literasi sains masih rendah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Komunitas Harapan yang berusia kelas tinggi dengan jumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan pemanfaatan ecobrick untuk meningkatkan literasi sains pada anak usia sekolah dasar di Komunitas Harapan Kota Semarang, Dapat dibuktikan dengan perhitungan uji paired sampel t-test, diperoleh nilai hitung sebesar sebesar 7,881 dengan db = n1? 1 = 12-1 = 11 dan taraf signifikan 5%=0,05, diperoleh ttabel sebesar 2,201. Jadi thitung ? ttabel = 7,881 ? 2,201 jadi H0 di tolak dan H1 diterima, artinya terdapat keefektifan dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan pemanfaatan ecobrick dalam meningkatkan literasi sains anak usia sekolah dasar di Komunitas Harapan Kota Semarang. Saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan masukan bagi pihak Komunitas harapan untuk dipertimbangkan dalam peningkatan dan kemajuan Komunitas harapan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang