Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat minat beli ditinjau dari
pengaruh secara langsung dan tidak langsung variabel Marketing Mix dan Beauty
Influencer pada Brand Awareness pada pengguna MS Glow di Kota Semarang.
Penelitiann ini disusun berdasarkan terjadinya penurunan grafik urutan Brand
skincare MS Glow antara tahun 2021 dengan 2022, kemudian hasil research gap
yaitu dari hasil penelitian terdahulu yang masih menunjukan ketidaksesuaian
hasil.
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif, yaitu menggunakan instrumen
penelitian berupa kuesioner yang telah disusun dalam beberapa pernyataan dan
diukur menggunakan skala likert 1-5. Populasi yang digunakan pada penelitian ini
adalah pengguna MS Glow di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Auguste Ferdinand yang diperoleh 100 sampel. Proses Analisa data
menggunakan model analisis structural equation model partial least square
(SEMPLS) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 4.0.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa elemen dari marketing mix yang
berpengaruh signifikan pada minat beli yaitu variabel produk dan harga kemudian
pada variabel beuty influencer berpengaruh signifikan pada minat beli. Brand
Awareness memediasi hubungan dukungan variabel harga pada minat beli namun
tidak berpengaruh dalam memediasi variabel produk, lokasi, dan brand awareness
terhadap minat beli.
Kata Kunci : Marketing Mix, Beauty Influencer, Brand Awareness, Minat Beli