DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Khafidhiyah, Khusnul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:04:41 
Abstract :
KHUSNUL KHAFIDHIYAH. NPM 19110058. ?Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Demak?.Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd, M.Pd, Kons. Dan Pembimbing II Dr. Venty, S. Ag., M.Pd. 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara kepada guru BK, dan peserta didik kelas VIII B di SMP N 1 Demak. Siswa mengalami perilaku bullying berupa perilaku bullying verbal dan fisik seperti menghina, mengejek temannya dari segi fisik, menimpuk teman, mendorong kursi, melempar penghapus ke teman. Selain itu perilaku bullying pada siswa dengan meneror teman sendiri lewat pesan whatsApp maupun lewat story. Ada beberapa upaya yang dilakukan guru BK untuk mengatasi perilaku bullying, Guru BK sudah berupaya mengatasi perilaku bullying dengan metode konseling individual dan melakukan pertemuan berkala dengan orang tua siswa. Namun upaya tersebut belum terbilang efektif untuk menangani kasus perilaku bullying pada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk Pre-Eksperimen One Group Pretest Posttest design. Populasi penelitian berjumlah 313 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik yang dipilih kategori sedang rentangan nilai 90-95 yang saya gunakan treatment dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala psikologis. Uji Wilcoxon digunakan sebagai alternatif dari uji paired sampel t-test. Data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Dapat diketahui bahwa hasil signifikan (2-tailed) sebesar 0,005. Dari dasar keputusan dalam perhitungan uji Wilcoxon maka nilai sig. 0,005 < 0,05 yang artinya bahwa hipotesis yang diajukan ?diterima?. Terdapat perbedaan antara hasil perilaku bulliying setelah diberikan perlakuan berupa layanan koneling kelompok teknik behavioral contract pada pretest dan posttest, sehingga dapat dikatakan bahwa ?Ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Demak?. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior dapat digunakan guru BK untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Behavior, Perilaku Bullying 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang