DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-BOOK PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI BERMUATAN SUSTAINABILITY BERBASIS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SALSABILA, LABIBATUS
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:06:45 
Abstract :
Pembelajaran di Sekolah Dasar untuk anak diharapkan pada masa transisi dari era pandemic menuju pasca pandemic bisa berjalan aktif, lebih kreatif dan berwarna di Sekolah Dasar. Pembelajaran di harapkan bisa memberikan pengalaman nyata pada anak agar anak bisa melatih daya pikir mereka. Pembelajaran yang baik di harapkan dapat meningkatkan dimensi bernalar ktitis siswa dengan adanya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media e-book untuk meningkatkan dimensi bernalar kritis siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain penelitian one group pretest postest. Sampel yang diambil adalah 21 peserta didik kelas IV menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil validasi ahli materi berdasarkan perhitungan validitas kedua ahli materi, didapatkan skor ?1? dimana terdapat pada interval kategori validitas sangat tinggi. Sedangkan hasil validasi dari ahli e-book didapatkan skor ?1? dimana terdapat pada interval kategori validitas sangat tinggi. Setelah menggunakan produk E-Book pada materi energi alternatif yang terdapat pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi dalam proses pembelajaran juga dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai pretest-posttest yang awalnya nilai rata-rata 40 menjadi 94 dengan ketuntasan KKM secara keseluruhan sebesar 100%. Berdasarkan uji Wilcoxon, nilai probabilitas bernilai 0,000 <0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata antara data pretest dan postest, maka dapat disimpulkan bahwa E-Book pada materi energi alternatif yang terdapat pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi efektif untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa. Produk E-book dapat diterima siswa dalam upaya menstimulasi kemampuan berpikir kritis. Hasil angket keberterimaan E-Book dari siswa rata-rata 97%, sehingga mendapatkan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah E?book pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif pembelajaran 1 dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran kelas IV Sekolah Dasar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang