DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
BUDIANSYAH, LARAS
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:25:03 
Abstract :
Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: (1) siswa melakukan pelanggaran disiplin waktu, yaitu: terlambat datang ke sekolah, membolos dan terlambat mengumpulkan tugas; dan (2) siswa melakukan pelanggaran disiplin perbuatan, yaitu: tidak mengikuti upacara, memakai atribut tidak lengkap, tidur di kelas, bertengkar di sekolah, bermain HP saat pelajaran, pemalsuan data absensi piket, dan pelanggaran pemakaian atribut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang berjumlah 35 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Besarnya pengaruh yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, diperoleh nilai R-Square sebesar 0,38, maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving memberikan pengaruh sebesar 38%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Kata kunci: bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, kedisiplinan belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang