DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA PUTRA KELAS VII SMP AL MUSYAFFA KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Atho'illah, M. Faiq
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:30:44 
Abstract :
M.Faiq Atho?illah. NPM 19110141 : ? Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri siswa putra kelas VII SMP AL Musyaffa Kendal ?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Dra. Tri Suyati, M.Pd. Pembimbing II : Agus Setiawan, S. Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VII SMP Al musyaffa Kendal belum memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang berakibat kepada proses belajarnya di sekolah. Berdasarkan angket tentang kepercayaan diri yang telah disebarkan ditemukan bahwa siswa mengerjakan tugas tepat waktu hanya sebesar 18%, siswa belum mengetahui bakat yang ada pada diri saya 42%, siswa merasa tidak pantas jika ditunjuk menjadi ketua kelas 54%, siswa kesulitan dalam mengembangkan bakat yang dimiliki 69%, dan malu bertanya 70%,. kemudian pada angket penyesuaian diri ditemukan bahwa pada item sulit memulai pembicaraan dengan orang yang belum dikenal 90%, saya sulit menceritakan masalah 66%, saya berfikir tidak dapat bersosialisasi dengan baik 60%, dan cenderung menutup diri 75%. Dari hasil angket yang telah disebar menunjukan bahwa adanya permasalahan pada kepercayaan diri dan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Al Musyaffa Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi data penelitian sejumlah 192 siswa, meliputi kelas VII A F. Sampel uji coba (Try out) berjumlah 29 siswa kelas VII F. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 62 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan skala penyesuaian diri. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi person product moment, menunjukkan bahwa uji korelasi person product moment dari kedua variabel memperoleh hasil signifikansi sebesar (r) = 0,455. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 62 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,240 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Oleh karena nilai r hitung 0,455 > r tabel 0,240 apabila dicocokan dengan tabel interpretasi menunjukkan bahwa antara variabel kepercayaan diri dengan variabel perencanaan penyesuaian diri memiliki tingkat hubungan yang cukup. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri siswa putra kelas VII SMP AL Musyaffa Kendal Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan penyesuaian diri dengan maksimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Kata kunci : kepercayaan diri, penyesuaian diri 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang