DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN KELAS II SD NEGERI 3 GENENGSARI KEC.KEMUSU KAB.BOYOLALI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ROCHMANA, DEWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 06:30:39 
Abstract :
DEWI ROCHMANA. NPM 19120312. ?Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantu Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasPGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Dr. Kartinah, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Rofian, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali, yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan yang dilihat dari penilaian akhir semester, yang disebabkan kurang pahamnya siswa dengan konsep penjumlahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan yang positif hasil belajar materi penjumlahan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan positif hasil belajar materi penjumlahan dalam menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 3 Genengsari. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas II SD Negeri 3 Genengsari yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji ketuntasan belajar. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menunjukkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran RME (pretest) sebanyak 64,375%. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan model pembelajaran RME sebanyak 78,125%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t berpasangan dapat disimpulkan bahwa uji t berpasangan pada hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai signifikansi t hitung (11,00) > t tabel (2,131), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaaan antara pretest dan posttest. Dengan demikian ada perbedaan positif model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan materi penjumlahan di kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec. Kemusu, Kab. Boyolali. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan materi penjumlahan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang