DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DRAWING TO LEARN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TAHUNAN JEPARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Amirrudin, Asep
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:45:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomu- nikasi dan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan strategi drawing to learn dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi drawing to learn kelas XI MIPA. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan populasi penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 sejumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sejumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yang ditunjukkan dengan nilai sig. uji t-test yaitu 0,00 dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis data juga menunjukkan ada peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Strategi drawing to Learn. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan strategi drawing to learn berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : drawing to learn, kemampuan komunikasi dan berpikir kritis. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang