Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomu-
nikasi dan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan
strategi drawing to learn dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi
drawing to learn kelas XI MIPA. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester
genap tahun ajaran 2017/2018 dengan populasi penelitian yang digunakan yaitu
kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Sampel yang digunakan yaitu
kelas XI MIPA 2 sejumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA
3 sejumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu
menggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan yaitu quasi
eksperimental design dengan desain penelitian non-equivalent control group
design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang
signifikan antara kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas eksperimen
dengan kelas kontrol, yang ditunjukkan dengan nilai sig. uji t-test yaitu 0,00 dan
tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis data juga menunjukkan ada peningkatan
rata-rata kemampuan komunikasi dan berpikir kritis peserta didik pada
pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Strategi drawing to Learn. Berdasarkan
hasil penelitian bahwa penerapan strategi drawing to learn berpengaruh dalam
meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci : drawing to learn, kemampuan komunikasi dan berpikir kritis.