DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN PANJANG BAKU UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIDYOWATI, ASIH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:52:10 
Abstract :
Matematika khususnya pada materi Satuan Panjang Baku. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman siswa mengenai pemahaman materi Satuan Panjang Baku. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kesulitan belajar matematika materi satuan panjang bakuyang dialami siswa kelas III SDN 12 Purwodadi? (2) Apakah faktor yang menyebabkan siswa kelas III SDN 12 Purwodadi mengalami kesulitan belajar matematika materi satuan panjang baku? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kesulitan belajar matematika materi satuan panjang baku yang dialami siswa kelas III SDN 12 Purwodadi dan (2) menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa kelas III SDN 12 Purwodadi mengalami kesulitan belajar matematika materi satuan panjang baku. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III dan guru kelas III SDN 12 Purwodadi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Keabsahan Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Triangulasi teknik yang digunakan berupa tes dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan belajar matematika pada materi satuan panjang baku, yang meliputi (1) kesulitan menyatakan satuan panjang pada alat ukur, kesulitan dalam mengkonversi satuan panjang baku, dan kesulitan memecahkan masalah. (2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi satuan panjang baku yaitu (a) faktor internal seperti konsentrasi belajar tidak bertahan lama, kemampuan mengingat beberapa siswa rendah, siswa kesulitan dalam memahami maksud soal dan kesulitan menghitung. (b) Faktor eksternalnya seperti guru dalam memberikan pemahaman terlalu cepat, tidak menggunakan media dan siswa yang sering berbicara pada saat guru menjelaskan. Serta kurangnya bimbingan dari orang tua waktu di rumah. Saran dalam penelitian ini, kepada siswa yaitu sebaiknya siswa lebih mempersiapkan diri dengan cara belajar terlebih dahulu sebelum materi disampaikan dan sesudah materi disampaikan. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu alangkah baiknya guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dan senyaman mungkin dengan menggunakan metode pembelajarandan media pembelajaran yang sesuai. Saran yang disampaikan kepada orang tua yaitu sebaiknya menyempatkan waktu untuk mendampingi anak belajar pada saat di rumah. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang