DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN ASSESMEN SOAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI POLA SEBAB AKIBAT PADA SISWA FASE A
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FITRIANI, LIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 03:54:53 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalahInstrumen awal sangat penting sekali digunakan dalam merancang suatu pembelajaran agar sesuai dengan kondisi siswa karena instrumen awal tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi awal peserta didik. Dengan adanya instrumen awal memudahkan guru untuk mengidetifikasi kemampuan peserta didik dalam pembelajaran. Namun kenyataan dilapangan masih banyak guru yang belum mengembangkan instrumen awal berbasis STEM sehingga perlu adanya pengembanan instrumen awal untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sehingga materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen soal IPA SD materi pola sebab akibat fase A, mengetahui karakteristik siswa fase A, dan mengetahui kemampuan awal peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R & D (Research and Development). Metode penelitian R & D merupakan metode penelitian untuk menghasilkan sebuah produk. Penelitian pengembangan biasanya digunakan dalam mengembangkan serta memvalidasikan sebuah produk yang nantinya akan digunakan dalam proses pembelajaran. Produk yang dikembangkan dapat berupa software maupun hardware yang diawali dengan analisis kebutuhan, proses pengembangan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan model Desain ADDIE. Menurut Branch R & D model ADDIE merupakan suatu produk yang dalam pengembangannya berdasarkan saran dan validasi ahli serta di akhiri dengan evaluasi. Model ADDIE adalah model yang memiliki sifat lebih generik yang berfungsi sebagai pedoman dalam membuat perangkat serta infrastruktur agar dinamis, efektif dan mendukung. Model ini memiliki 5 langkah pengembangan yaitu :1) Analisa (analysis), 2) Perancangan (design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation), 5) Evaluasi (evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswan SDN Pandeanlamper 05 dan SDN 2 Mranggen Tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 100 siswa kelas II dan III. Data dalam penelitian ini didapat dari tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen awal pada mata pelajaran IPA SD materi pola sebab akibat fase A melalui indeks Aiken adalah adalah 0,73- 0,84.Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa soal tersebut berketeria sedang dan tinggi. Hasil analisis melalui winstep menghasilkan person reliability (0,44 dan 0,84), item reliability (0,91), dan cronbach alpha reliability (0,69). Butir soal nomor 12 tergolong fit karena nilai MNSQ (0,76), ZSTD (-1,6), dan PT (0,56), Tingkat kesesuaian butir soal nomor 7, 11, 4, 13, dan 12 juga tergolong fit sedangkan soal nomor 2 nilai PT tidak memenuhi kriteria tetapi nilai MNSQ dan ZSTD memenuhi kriteria maka butir soal masih dianggap valid dan diperbaiki tanpa harus dibuang. Butir soal nomor 12 terlihat bahwa soal tersebut lebih mudah dijawab oleh siswa perempuan dibandingkan soal laki-laki artinya butir soal nomor 12 merugikan salah satu gender dan harus diperbaiki ( mengalami bias). person DIF plot dapat dilihat bahwa antara fase A dan fase B yang mengalami bias adalah pada soal nomor 12. Butir soal nomor 12 terlihat bahwa soal tersebut lebih mudah dijawab oleh fase A dibandingkan soal fase B artinya butir soal nomor 7 merugikan salah satu fase. Jarak bias antara fase A dan fase B tidak terlalu jauh tetapi secara keseluruhan antara fase A dan fase B memiliki kemampuan yang hampir sama Berdasarkan hasil analisis instrumen awal yang dikembangkan valid dan reliabel. Kata kunci:IPA SD, STEM, Pola Sebab Akibat 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang