DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP N 4 BAE KUDUS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Rizal, Muhammad Fakhru
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:01:27 
Abstract :
Muhammad Fakhru Rizal. ?Efektivitas Model Pembelajaran Problem based learning dan Project based learning terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bae Kudus?. Skripsi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan terbilang sederhana. Tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar masih terlihat kurang. Untuk itu dibutuhkan metode lain atau metode berbeda yang dapat digunakan sebagai solusi untuk merangsang siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran khususnya materi bola voli. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bae Kudus. Penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ?two group pre test postest design?. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP Negeri 4 Bae Kudus. Teknik pengambilan sampel ini pendekatan non probability sampling menggunakan purposive sampling 64 siswa dengan kriteria siswa kelas VIII yang menerima kurikulum passing bola voli. Pengambilan data menggunakan instrumen yang sudah pernah di gunakan, dengan adanya pre-test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian yang memperoleh hasil persebaran data normal dengan hasil uji normalitas > 0,05. Uji homogenitas menunjukan bahwa penelitian ini memperoleh hasil homogenitas normal dengan hasil based on mean < 0,05. Rata-rata pretest Problem based learning sebesar 139,16 dan posttest Problem based learning sebesar 179,75 dari nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 40,59 atau 29% sedangkan rata-rata pretest Project based learning sebesar 139,97 dan posttest Project based learning sebesar 176,53 dari nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 36,56 atau 26%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap hasil belajar passing bola voli siswa SMP Negeri 4 Bae Kudus memberikan perbedaan yang signifikan, menunjukan bahwa adanya kenaikan rata-rata antara pretest dan posttest setiap model pembelajaran dan model pembelajaran Problem based learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar passing bola voli daripada model pembelajaran Project based learning. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu atlternatif dalam menyusun model pembelajaran menggunakan problem based learning dan project based learning terhadap hasil belajar. Kata kunci : passing bola voli Problem based learning, Project based learning 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang