DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI NGEMPLAK SIMONGAN 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Maulana, Muhammad Luxman
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:01:32 
Abstract :
MUHAMMAD LUXMAN MAULANA. NPM 19120175. ?Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SD Negeri Ngemplak Simongan 01?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Henry Januar Saputra. M. Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M. Pd. Konteks Penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai karakter merupakan nilai-nilai yang diperlukan dalam membentuk karakter yang baik pada diri seseorang. Nilai-nilai karakter tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan diluar mata pelajaran. Penelitian ini terfokus pada (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01 dan apa saja nilai nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01? Berdasarkan fokus peneliian di atas, maka tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler Pramuka, guru kelas V, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 10.00 11.00 WIB. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler berjumlah tujuh puluh delapan. Sistem pembelajaran dilakukan sesuai dengan buku pedoman dan kurikulum 2013 dengan cara guru pelatih terlebih dahulu menyampaikan materi. Guru pelatih menyampaikan bagaimana cara memeragakan materi yang di sampaikan dengan menggunakan secara langsung, setelah itu siswa secara bergiliran mempraktekkan didepan kelas. Nilai-nilai karakter yang terbentuk diantaranya: sikap disiplin, kerja keras, toleransi, peduli lingkungan, mandiri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, kreatif, jujur, tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sikap siswa sudah sesuai dengan nilai-nilai karakter. Saran yang dapat disampaikan peneliti setelah penelitian pada sekolah tersebut agar tetap menjalankan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01 dan lebih ditingkatkan. Serta meningkatkan proses pembelajaran esktrakurikuler Pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01. Guna menciptakan nilai-nilai karakter yang lebih baik, sekolah perlu mengadakan pembelajaran diluar jam pelajaran, agar terbentuk karakter yang baik pada setiap siswa. Dengan adanya nilai karakter yang ditanamkan sejak dini akan membentuk karakter yang baik pada diri siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang