DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS X.3 SMA N 1 JUWANA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ROSITA, ANDJELINA PUTRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 06:37:40 
Abstract :
Andjelina Putri Rosita, ?Penerapan Model Project Based Learning dengan Metode Karya Wisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas X.3 SMA N 1 Juwana?. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bambang Sulanjari, S.S., M.A. Pembimbing II Dr.Sunarya, S.S., M.Hum. 2023. Kata Kunci : model pjbl, metode karya wisata, teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model prokect based learning dengan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa Jawa kelas X.3 SMA N 1 Juwana. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh peserta didik yang menganggap bahwa pembelajaran bahasa jawa merupakan mata pelajaran yang tidak menarik dipelajari karena minimnya pemahaman kosa kata maupun bahasa. Selain faktor dari peserta didik, faktor utama berasal dari guru yang mengalami keterbatasan dalam menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Dengan demikian, rumusan masalah yang diperoleh adalah bagaimana hasil penerapan model pjbl dengan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pre-eksperimental design berupa one shot case study. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif deskripstif, karena data yang diperoleh dihitung secara statistik kemudian data dianalisis secara statistik deskripstif yakni dengan mendeskripsikan hasil perhitungan data. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa purposive sampling, sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulksn dengan cara dokumentasi dan angket (kuesioner). Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pada aspek pengetahuan, terdapat 31 siswa atau 86% memperoleh nilai di atas KKM, sedangkan 5 siswa atau 14% belum mencapai KKM. Dari persentase tersebut, ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 93,4. 2) Pada aspek keterampilan, 30 siswa atau 83,4% telah memenuhi KKM yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78,5, sedangkan 6 siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, penerapan model pjbl dengan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa Jawa kelas X.3 SMA N 1 Juwana dapat memberikan pengaruh terhadap capaian pembelajaran yang telah ditentukan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang