DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
LIANTI, LIANTI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:28:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM berbantuan software cabri 3D terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bogorejo. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh VIII.A sebagai kelas kontrol dan VIII.C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan post test dan angket. Analisis data menggunakan uji independent sample t test (dua arah dan satu arah) serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas PjBL-STEM dengan kelas PjBL tidak identik 2) Keterampilan berpikir kritis siswa kelas PjBL-STEM lebih baik daripada kelas PjBL 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa mencapai efektif. Kata kunci : Efektivitas, Project Based Learning, STEM, Berpikir Kritis 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang