DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLABORATIVE FILTERING UNTUK REKOMENDASI PRODUK TERBAIK PADA APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Mustaqfirin, Mustaqfirin
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:18:45 
Abstract :
Pada era digital saat ini, kemajuan teknologi informasi berkembang secara pesat. Teknologi dan sistem informasi dapat menunjang dan mempermudah dalam berbagai bidang kehidupan, banyak bidang usaha yang sudah menggunakan teknologi dan sistem informasi. PT. Karya Utama Inti Sukses merupakan perusahaan yang menjual berbagai produk peralatan pembuat kopi. Transaksi penjualan yang dilakukan di perusahaan tersebut masih menggunakan metode secara konvensional, yaitu dengan melakukan transaksi secara langsung atau melalui chat WhatsApp. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan penumpukan data pesanan yang tidak tertata dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mendukung sistem penjualan yang lebih efisien, salah satunya adalah aplikasi E-Commerce berbasis mobile. Implementasi Algoritma Collaborative Filtering digunakan untuk merekomendasikan produk terbaik PT. Karya Utama Inti Sukses dari pengalaman user sebelumnya yang sudah pernah membeli. Metode yang digunakan adalah User Centered Design (UCD). Metode User Centered Design (UCD) merupakan metode desain dalam merancang User Experience (UX) yang berfokus pada apa yang user perlukan. Selain itu pemanfaatan Application Programming Interface (API) dalam penggembangan aplikasi ini sangat diperlukan sebagai perantara bagi aplikasi client dan server agar bisa saling berkomunikasi. Dari pengujian white box mendapatkan hasil 100% yang berarti bahwa script penentuan nilai uji pada aplikasi berjalan degan baik. Hasil pengujian black box mendapatkan hasil 100% yang berarti sistem sudah berjalan sesuai dengan fungsionalitasnya dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) mendapatkan hasil 98,4% yang berarti bahwa dalam penggunaan aplikasi ini user sangat setuju. Kata Kunci: Algoritma Collaborative Filtering, E-Commerce, User Centered Design 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang