DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Faiqotusshabrina, Nanda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:24:26 
Abstract :
Nanda Faiqotusshabrina, ?ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Dosen Pembimbing I Mei Fita Asri Untari S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Dr. Bagus Ardi Saputro S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan literasi numerasi siswa yang masih rendah, siswa masih belum memahami konsep pemecahan masalah matematika yang diaplikasikan di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep literasi numerasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dalam melaksanakan kegiatan literasi numerasi. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat literasi numerasi siswa kelas IV SDN Kaliayu Kabupaten Kendal. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pengetahuan dan kecakapan literasi numerasi dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SDN Kaliayu Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data dan informasi yang sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah Wawancara, Observasi, Tes dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sekolah sudah berupaya untuk melakukan pembiasaan rutin literasi numerasi dengan memfasilitasi sarana prasarana seperti buku, pojok baca, perpustakaan dan perpustakaan digital. Salah satu faktor pendukung literasi numerasi siswa di kelas IV adalah kompetensi guru dalam memahami literasi numerasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya minat literasi numerasi siswa. Literasi numerasi siswa dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup memahami materi namun siswa masih kesulitan dalam memahami soal konteks literasi numerasi. Siswa cenderung memiliki kemampuan literasi numerasi yaitu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (tabel, grafik, bagan dan bentuk lainnya). Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sebagai upaya mengatasi kemampuan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran matematika, maka hendaknya guru menerapkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, hal ini agar siswa bisa memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik dan sekolah diharapkan dapat mengupayakan tes berbasis literasi dan numerasi karena sangat relevan digunakan dalam asesemen pembelajaran. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Matematika 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang