DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN UNPLUGGED CODING DI TK SHAFA MARWAH SERANG-BANTEN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MUTOHAROH, MUTOHAROH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:38:13 
Abstract :
Mutoharoh21156116. ?Upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis melalui kegiatan Unplugged Coding anak usia 5-6 tahun di TK Shafa Marwah Serang-Banten tahun pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir logis matematis anak didik di TK Shafa Marwah. Hal ini ditunjukan dengan rendahnya rasa ingin tahu, tidak mencerminkan sikap kreatif, mengenal benda dan lingkungan sekitar, konsep menghubungkan serta kemampuan anak dalam memiliki pola berpikir dengan penalaran hubungan sebab-akibat yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis anak usia 5-6 tahun di TK Shafa Marwah melalui kegiatan Unplugged Coding. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Semester II pada bulan Februari-Maret 2023. Subjek penelitian ini adalah anak didik TK Shafa Marwah tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 anak. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dari hasil observasi. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Dari hasil akhir dengan menggunakan kegiatan Unplugged Coding dengan dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan berpikir logis matematis anak diantara anak didik mencapai 20 % pada siklus pertama dan 80 % pada siklus kedua indikator kinerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi Kegiatan Unplugged Coding dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis pada anak usia 5-6 tahun di TK Shafa Marwah Serang-Banten tahun pelajaran 2022/20203 dan berdasarkan hasil akhir tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Oleh karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis pada anak didik di TK Shafa Marwah dapat ditingkatkan melalui kegiatan Unplugged Coding. Maka dari itu guru perlu menyusun kegiatan main unpluuged coding yang beragam agar stimulasi aspek perkembangan kognitif anak yakni berpikir logis matematis dapat berkembang. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang