DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TRANSFER KNOWLEDGE, MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA SE-KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Majid, Ahmad Alfiyan Abdul
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-01-03 06:38:24 
Abstract :
Pada era globalisasi sekarang ini masalah tentang sumber daya manusia dalam sebuah organisasi atau instansi menjadi suatu hal yang begitu penting untuk disoroti guna untuk dapat tetap berkompetisi di era sekarang ini. Kinerja guru yang maksimal merupakan sebuah aset yang bernilai tinggi bagi sebuah instansi, maka dari itu sebuah instansi akan selalu memberikan perhatian khusus guna untuk meningkatkan kinerja guru dengan harapan apa yang akan menjadi tujuan instansi tersebut dapat tercapai dengan baik. Berbagai cara untuk meningkatkan kinerja guru akan selalu ditempuh oleh berbagai instansi, misalnya dengan adanya sebuah gaya Kepemimpinan Transformasional yang efektif dan efisien, terciptanya sebuah Transfer Knowledge yang efektif dan efisien, serta dibutuhkan adanya sebuah Motivasi Kerja dari para guru yang tentunya dapat mempengaruhi Kinerja Guru tersebut. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Transfer Knowledge, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jumlah data responden dalam penelitian ini adalah 108 orang. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Non Probability Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Pengolahan data penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan melalui proses penelitian ini, menunjukan bahwa Kepemimpinan Transformasional (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,226 > 1,983 t tabel. Transfer Knowledge (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 6,602 > 1,983 t tabel. Motivasi Kerja (X3) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan nilai signifikansi sebesar 0,062 > 0,05 dan nilai t hitung sebesar 1,886 < 1,983 t tabel. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui serta dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Transformasional (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Transfer Knowledge (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Motivasi Kerja (X3) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) SMA di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Transfer Knowledge, Motivasi Kerja, Kinerja Guru 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang