Abstract :
Game edukasi memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran yang
menarik dan interaktif. Salah satu topik penting dalam sejarah Islam Indonesia
adalah kisah perjalanan para tokoh Walisongo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi game edukasi berbasis Android yang
membantu siswa kelas 6 Sekolah Dasar Islam Pesanggrahan Kota Semarang dalam
memahami tokoh-tokoh Walisongo. Aplikasi game ini dikembangkan
menggunakan platform Unity dengan menerapkan metode pengembangan
waterfall. Metode ini memungkinkan pengembang untuk merancang,
mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi setiap tahap pengembangan dengan
sistematis. Pengenalan tokoh-tokoh Walisongo disajikan melalui tantangan
berbasis permainan yang menarik perhatian anak-anak. Dalam tahap pengujian,
dilakukan uji black box untuk memastikan fungsionalitas dan keberlanjutan
aplikasi. Hasil uji black box menunjukkan bahwa aplikasi game ini memiliki kinerja
yang baik dengan tingkat keberhasilan 100% dalam mengatasi skenario pengujian
yang ditentukan. Selanjutnya, uji User Acceptance Testing (UAT) dilakukan
dengan melibatkan 5 responden dan mendapatkan tingkat kesesuaian sebesar
78,8%. Kesimpulannya, penelitian ini berhasil mengembangkan aplikasi game
edukasi berbasis Android yang bertujuan untuk membantu siswa kelas 6 Sekolah
Dasar Islam Pesanggrahan Kota Semarang dalam memahami tokoh-tokoh
Walisongo. Penggunaan metode pengembangan waterfall dan uji black box
memastikan kualitas fungsionalitas aplikasi, sedangkan uji UAT memberikan
wawasan tentang tingkat kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan pengguna.
Diharapkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi sumber belajar yang efektif dan
menarik bagi siswa dalam memahami sejarah Islam Indonesia.
Kata Kunci : Game edukasi, Walisongo, Android, Unity