DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWADAYA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Noviani, Noviani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:40:03 
Abstract :
Skripsi berjudul ?Implementasi Kearifan Lokal Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Swadaya Semarang. Dilatarbelakangi adanya program kurikulum merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud di bawah komando Nadiem Makarim sebagai sarana pencapaian profil pelajar Pancasila. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana implementasi kearifan lokal berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila kelas X di SMK Swadaya Semarang serta Kendala dan solusi apa saja yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi, kendala serta solusi kearifan lokal berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila kelas X di SMK Swadaya Semarang. Manfaat penelitian ini dapat memberikan faedah sebagai patokan pada sekolah penggerak yang menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai perwujudan membentuk karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kokurikuler berbasis projek kearifan lokal topik kewirausahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Waka Kurikulum, Guru dan Siswa. Fokus penelitian adalah ?Implementasi Kearifan Lokal Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kelas X di SMK Swadaya Semarang? dengan sub fokus sebagai berikut 1) Mendesain projek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) Mengelola pelaksanaan kearifan lokal berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan 3) Kendala dan solusi dalam penerapan kearifan lokal berbasis projek dalam meningkatkan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendesaian projek kearifan lokal dimulai dari penentuan tema dan topik kearifan lokal, pembentukan tim fasilitator, dan pembuatan modul P5. 2) Pelaksanaan projek kearifan lokal dimulai dari tahap pengecatan media tanaman, tahap penanaman bibit jeruk nipis, tahap perawatan dan pengukuran tanaman, tahap pengolahan produk jeruk nipis, dan tahap terakhir presentasi projek kearifan lokal. 3) Kendala atau hambatan pelaksanaan projek kearifan lokal diantaranya beberapa siswa yang kesulitan dalam perawatan tanaman dan kurang berperan aktif dalam pengerjaan projek. Solusinya guru pembimbing harus terus memantau anak bimbingannya dalam kontribusi pengerjaan projek. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi kearifan lokal berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila kelas X di SMK Swadaya Semarang sudah berjalan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penutupan projek. Namun terdapat kekurangan yang perlu evaluasi yaitu dalam pemilihan jenis tanaman jeruk nipis kurang tepat. Saran untuk sekolah sebaiknya melihat potensi lokal di sekitar tempat tinggal peserta didik sehingga diharapkan anak dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) lokal pada topik kewirausahaan. Pihak sekolah juga dapat beralih ke topik eksplorasi kebudayaan lokal seperti kesenian, tarian, tradisi daerah setempat, dan lainnya. Kata Kunci : Implementasi, Kearifan Lokal, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang