DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATH) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Mardiyah, Naili
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:43:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Kesatrian 2 Semarang. Dengandesain penelitian one grup pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling dipilih kelas XI MIPA 2. Data yang digunakan evaluasi berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan Uji t berpasangan (Paired Sample T-Test) dan Uji N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika meningkat setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan STEM. Dengan hasil Uji t berpasangan yaitu 0,00 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Hasil analisa uji N Gain mendapatkan hasil 0,7381. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan STEM mencapai efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Discovery Learning, STEM, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang