DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 JATINEGARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Sari, Ayu Widya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:50:48 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya konsep diri pada siswa serta masih banyak siswa yang masih memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi data penelitian ini sejumlah 60 siswa, meliputi kelas VII A dan VIIB dan VII D. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (sampling sensus). Data penelitian ini diperoleh melalui observasi angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap kemandirian belajar. Hal ini berarti semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi kemandirian belajar, begitu pula sebaliknya semakin rendah konsep diri maka akan semakin rendah kemandirian belajar. (2) Hasil analisis terbukti bahwa nilai F hitung 47.806 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka, model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel konsep diri (X) terhadap variabel kemandirian belajar (Y). Untuk seberapa kuat terpengaruh antara variabel X dan variabel Y dapat dilihat dari nilai R Square (koefisien determinan) sebesar 0,452, yang artinya pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar sebesar 45,2%. Hal ini juga menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dengan arah positif antara konsep diir terhadap kemandirian belajar siswa. Dari pelaksanaan penelitian ini diharapkan guru BK di SMP Negeri 2 Jatinegara dapat menindak lanjuti agar dapat membangun konsep diri dan kemandirian siswa yang lebih positif melalui layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Konsep Diri 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang