DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI SMK ANNURONIAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Syaifuddin, Nur

Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:52:04 
Abstract :
Nur Syaifuddin. ?Pengaruh penggunaan video animasi dan gambar ilustrasi terhadap keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMK Annuroniyah Kabupaten Rembang?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Kemampuan psikomotor lompat jauh gaya jongkok siswa sebagian besar belum lolos pada penilaian keterampilan di SMK Annuroniyah. Beberapa penelitian terdahulu menunjukan media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi dan gambar ilustrasi terhadap keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMK Annuroniyah. Penelitian ini menggunakan rancangan two group pretest and posttest design dengan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Penelitian ini dilakukan di lapangan olahraga SMK Annuroniyah Kabupaten Rembang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes penilaian keterampilan psikomotor dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok yang divalidasi oleh guru PJOK tersertifikasi. Analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan menunjukan rata-rata skor lompat jauh gaya jongkok sebesar 6,21 dan nilai standar deviasi sebesar 1,446. Sedangkan hasil penelitian setelah diberikan perlakuan menunjukan rata-rata skor lompat jauh gaya jongkok sebesar 11,6 dan nilai standar deviasi sebesar 1,787. Hasil uji t test hasil tes keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMK Annuroniyah menunjukan t hitung kelompok pemberian pembelajaran melalui media gambar ilustrasi sebesar 10,726 lebih dari t tabel sebesar 2,059 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. kelompok pemberian pembelajaran melalui media media video animasi sebesar 13,266 lebih dari t tabel sebesar 2,059 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan video animasi dan gambar ilustrasi terhadap keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok. Penggunaan video animasi lebih berpengaruh terhadap keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMK Annuroniyah Kabupaten Rembang. Bagi guru agar dapat memberikan bentuk variasi pembelajaran agar siswa berantusias untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah. Kata Kunci : Video Animasi, Gambar Ilustrasi, Lompat Jauh. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang