DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PETITUNG (PETI BERHITUNG) UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SDN 1 TEGALSAMBI JEPARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Arfiyane, Azizah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 04:54:55 
Abstract :
Belajar merupakan suatu proses perkembangan hidup manusia dengan melakukan perubahan kualitatif sehingga tingkah lakunya berubah, karena itu belajar melibatkan tindakan integratif demi mencapai tujuan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan penggunaan media pembelajaran Petitung (Peti Berhitung) untuk siswa kelas 1 SDN 1 Tegalsambi Jepara. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pemberian kuesioner kepada siswa kelas 1 SDN 1 Tegalsambi Jepara sebanyak 19 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah berdasar validasi dari ahli media dan ahli materi, hasil validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak digunakan dan hasil validasi ahli media sebesar 98% dengan kategori media peti berhitung sangat layak, sehingga hasil validasi yang diperoleh adalah media peti berhitung sangat layak digunakan dan tanpa revisi. Selanjutnya adalah hasil uji skala kecil dan uji skala besar oleh siswa kelas 1 SDN 1 Tegalsambi Jepara. Hasil uji skala kecil sebesar 80 % dengan kategori layak, sedangkan hasil uji skala besar sebesar 86% dengan kategori sangat layak, sehingga mendapatkan hasil bahwa siswa menerima dengan baik adanya inovasi yang dilakukan yaitu penggunaan media peti berhitung, karena dengan adanya media peti berhitung siswa kelas 1 SDN Tegalsambi Jepara dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih faham, serta merasa senang menggunakan media peti berhitung pada saat pembelajaran matematika karena media yang menarik dan mempunyai kegunaan yang efektif dan efisien. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu media peti berhitung layak digunakan serta membuat siswa lebih faham, bersemangat dan merasa senang saat pembelajaran matematika. Adapun saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan mampu menyempurnakan media peti berhitung sebagai media pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan kebutuhan siswa Kata Kunci: pengembangan, peti berhitung, matematika 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang