Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya ketrampilan siswa pada materi
passing bawah bola voli karena pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery
learning, problem based learning, dan project based learning untuk
meningkatkan passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP N 1 Bancak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan
adalah eksprimental design (eksperimen) untuk mengetahui Pengaruh model
pembelajaran discovery learning, PBL (problem based learning ), PjBL ( project
based learning. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VII A, VII B, VII D SMP
Negeri 1 Bancak menggunakan teknik random sampling /probability sampling.
Pengujian pada instrumen menggunakan uji validitas ahli. Teknik analisis data uji
normalitas, uji homogenitan dan uji hipotesis.
Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran
discovery learning, problem based learning dan project based learning efektif
terhadap ketrampilanr passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri
1 Bancak. Hal ini berdasarkan dari perhitungan uji hipotesis menggunakan uji
paired sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, mean pre-test
discovery learning sebesar 51,77 dan mean post-test discovery learning sebesar
80,00, mean pre-test problem based learning sebesar 54,06 dan mean post-test
problem based learning sebesar 75,06, mean pre-test project based learning
sebesar 51, 17 dan mean post-test project based learning sebesar 77,83.
Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
discovery learning, problem based learning dan project based learning efektif
terhadap ketrampilanr passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri
1 Bancak.
Saran diharapkan model pembelajaran discovery learning, problem based
learning dan project based learning peserta didik dapat lebih aktif dan
berpartisipasi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Passing bawah Bola Voli, SMP, Discovery Learning, Problem
Based Learning, Project Based Learning