DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KETRAMPILAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANCAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Pamungkas, Bagas Ilham
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 06:24:50 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya ketrampilan siswa pada materi passing bawah bola voli karena pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning, problem based learning, dan project based learning untuk meningkatkan passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP N 1 Bancak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah eksprimental design (eksperimen) untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran discovery learning, PBL (problem based learning ), PjBL ( project based learning. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VII A, VII B, VII D SMP Negeri 1 Bancak menggunakan teknik random sampling /probability sampling. Pengujian pada instrumen menggunakan uji validitas ahli. Teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitan dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning, problem based learning dan project based learning efektif terhadap ketrampilanr passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak. Hal ini berdasarkan dari perhitungan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, mean pre-test discovery learning sebesar 51,77 dan mean post-test discovery learning sebesar 80,00, mean pre-test problem based learning sebesar 54,06 dan mean post-test problem based learning sebesar 75,06, mean pre-test project based learning sebesar 51, 17 dan mean post-test project based learning sebesar 77,83. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning, problem based learning dan project based learning efektif terhadap ketrampilanr passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak. Saran diharapkan model pembelajaran discovery learning, problem based learning dan project based learning peserta didik dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran. Kata Kunci: Passing bawah Bola Voli, SMP, Discovery Learning, Problem Based Learning, Project Based Learning 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang