DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
IZATUNISA, NUR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 06:29:59 
Abstract :
Nur Izatunisa 20116019. ?Hubungan Antara Keterampilan Sosial dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 8 Kota Serang Tahun Pelajaran 2022 / 2023? Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd.,Kons. Dosen Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, S.Pd., M.Pd. Latar belakang dalam penelitian ini membahas tentang hubungan keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya. keterampilan sosial mempunyai makna yang berarti pada kehidupan peserta didik untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya, kemampuan ini dibutuhkan untuk membantu berkomunikasi maupun bertingkah laku sesuai aturan dan norma yang berlaku, serta untuk mengatasi banyakanya permasalahan hidup sebagai hasil interaksi dengan lingkungan. Fenomena disekolah yang ditemukan oleh peneliti berkaitan dengan penurunan keterampilan sosial antara lain : peserta didik yang malu bertanya pada guru terkait pelajaran yang belum dimengerti, malu dan gugup untuk mengungkapkan pendapat dikelas,menegur sapa sesama teman dan guru dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah, kurangnya rasa empati terhadap teman yang sedang membutuhkan bantuan. Keterampilan sosial yang akan mempengaruhi Perkembangan kehidupan sosial peserta didik yang ditandai dengan gejala meningkatnya pengaruh teman sebaya, agar dapat diterima oleh teman sebayanya para peserta didik harus memiliki keterampilan sosial yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi product moment. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Kota Serang Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini berjumlah 400 peserta didik. Teknik yang digunakan Teknik Probability sampling, Teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel dengan pengambilan anggota sempel dan populasi secara acak atau random. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya didapatkan hasil rxy= 0,442 dan p = 0,000 < 0,05 dengan data tersebut menunjukan hubungan yang positif yang signifikan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya. Dapat dilihat dari tingkat keterampilan sosial mayoritas berada pada katagori sedang dengan prosentase 95,46 % dengan frekuensi sebanyak 210 peserta didik dan penerimaan teman sebaya pada katagori tinggi dengan prosentase sebanyak 64,55 % dengan frekuensi sebanyak 142 peserta didik, dari hasil data tersebut dapat diindikasikan semakin tinggi keterampilan sosial peserta didik, maka akan semakin baik pula penerimaan teman sebaya yang didapatkan. Kata Kunci : Hubungan, Keterampilan Sosial, Penerimaan Teman Sebaya 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang