Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) Model Project Based
Learning terintegrasi STEAM berbantuan GeoGebra lebih baik daripada model
konvensional (2) Ketuntasan hasil belajar matematika secara individual dan
klasikal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi
STEAM berbantuan GeoGebra (3) Pengaruh keaktifan terhadap kemampuan
berpikir kreatif pada model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan
GeoGebra. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pemilihan sampel
dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VIII D sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : (1) Model Project Based Learning terintegrasi STEAM
berbantuan GeoGebra lebih baik daripada model konvensional yaitu
yaitu (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen tuntas
secara individual dan klasikal yaitu sebesar siswa yang tuntas dari dengan
persentase (3) Keaktifan berpengaruh positif terhadap kemampuan
berpikir kreatif yaitu sebesar .
Kata kunci: Efektivitas, Project Based Learning, STEAM, GeoGebra,
Kemampuan Berpikir Kreatif