DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI MATEMATIKA BERBASIS STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Permatasari, Putri Dian
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 06:42:08 
Abstract :
PUTRI DIAN PERMATASARI. NPM 19120308. ?Pengembangan Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep Matematika pada materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V dan belum tersedia media pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ketersediaan media pembelajaran Matematika kelas V semester 2 sekolah dasar?, 2) Bagaimana pengembangan media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar?, 3) Bagaimana keefektifan media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar?. Jenis peneitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain pretes-pascates satu kelompok (one group pretest-postest design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 2 Jungsemi tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 17 siswa kelas V dengan menggunakan teknik non-propability sampling berbentuk purposive sampling. Data dari penelitian ini diperoleh dari angket analisis kebutuhan, dokumentasi, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions mendapatkan persentase penilaian kelayakan dan kevalidan media dari tiga ahli materi dengan rata-rata sebesar 88,6% dan tiga ahli media dengan rata-rata sebesar 89,3%. Nilai tersebut masuk dalam kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji coba terbatas yang dilakukan oleh tiga guru kelas memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,3% untuk penilaian media dan nilai rata-rata sebesar 93,3% untuk penilaian materi dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan. Pada uji keefektifan media terdapat peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan yang memperoleh n-gain score sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi dan n-gain persen sebesar 78,4% dengan kategori efektif. Kesimpulannya bahwa Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah supaya Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Operasi Hitung Bilangan Pecahan, STAD 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang