DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 01 TEGOWANU KULON
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
YUWANDA, RAMADHANTI TRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 06:45:13 
Abstract :
RAMADHANTI TRI YUWANDA. NPM 19120076. Skripsi. Februari 2023. ?Analisis Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah Kelas IV SDN 01 Tegowanu Kulon?. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd., dan Pembimbing II Prof. Dr. AY. Soegeng, Ysh., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi peserta didik yang individual dan kurang mampu bekerja sama menyelesaikan tugas kelompok. Peserta didik kurang peduli dengan kondisi lingkungan baik secara fisik dan sosial. Peserta didik kurang mampu berbagai dan menerima pendapat dari teman lain. Peserta didik kurang menguasai pelajaran matematika pada materi perkalian bilangan pecahan pada kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran perkalian bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara (interview), observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari peserta didik kelas IV dan guru kelas. Data penelitian berupa hasil analisis profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran perkalian bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi gabungan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas data dengan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran perkalian bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon, dapat dicerminkan melalui kemampuan peserta didik dalam melakukan kegiatan bersama-sama pada pembelajaran matematika materi operasi perkalian bilangan cacah. Sikap gotong royong peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi operasi perkalian bilangan cacah, diperoleh nilai total rata-rata persentase sebesar 99% dalam kategori sangat baik. Pada aspek I kolaborasi, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100% dalam kategori sangat baik. Pada aspek II kepedulian, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100% dalam kategori sangat baik. Pada aspek III berbagi, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 97% dalam kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik dalam melakukan operasi hitung perkalian bilangan cacah, diperoleh nilai total rata-rata sebesar 82 dengan persentase sebesar 82% dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran perkalian bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon, terdapat profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong, meliputi: karakter kolaborasi, kepedulian, dan berbagi dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: profil pelajar pancasila, dimensi gotong royong, pembelajaran Matematika, perkalian bilangan cacah 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang