DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN SENDANGGUWO 02 KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAHMA, RANI AULIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 06:47:48 
Abstract :
RANI AULIA RAHMA. NPM 19120091. ?Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Media Kotak Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Mira Azizah, S.Pd., M.Pd dan Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd, Maret, 2023. Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang kurang optimal pada materi IPAS peserta didik kelas IV SDNSendagguwo 02 Kota Semarang. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang variatif dan media yang digunakan hanya visual. Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah model Project Based Learning efektif pada hasil belajar IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Prohect Based Learning pada hasil belajar IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain pre?experimental berupa one-group pretest posttest design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 28 siswa dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis pada kelas kontrol nilai pretest diperoleh dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 67,142. Sedangkan nilai posttest memperoleh nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 83,571. Berdasarkan analisis uji t paired sample T-Test diperoleh thitung sebesar 14.332 Sedangkan ttabel 2.004 Dan taraf signifikan 5% sebesar 55 Karena hasil thitung > ttabel maka H0 ditolak Ha diterima maka dapat diartikan Ada keefektifan model project based learning berbantu media audio visual terhadap hasil belajar materi IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bahwa model Project Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah karena hendaknya membuat siswa lebih fokus, memahami materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang