DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WULANDARI, RENI ULFIANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:06:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pati tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 5 Pati dengan jumlah peserta didik ada 32 anak. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah teknik tes dan nontes yang berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Penerapan model ini terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan dimulai dari salam, doa, presensi, dan apersepsi. Pada kegiatan apersepsi, peserta didik sangat aktif dalam mencermati, menganalisis, dan memberikan tanggapan yang baik. Kegiatan inti, pendidik membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok. Pendidik dapat mengondisikan kegiatan kelompok sehingga berjalan dengan lancar dan peserta didik bersemangat dalam mengerjakan tugas dan presentasi. Kegiatan penutup ini dilaksanakan dengan memberikan simpulan, refleksi, rencana tindak lanjut, doa, dan salam. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi. Hal ini didukung oleh nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 89,5. Selain itu, hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa peserta didik dapat berdiskusi antarsesama peserta didik, aktif, dan sangat berantusias sehingga pembelajaran di kelas menjadi kondusif. Model tersebut dapat mempermudah peserta didik mendeskripsikan atau menggambarkan objek dengan cepat. Saran yang dapat disampaikan adalah pendidik hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh maksimal. Kata Kunci: penerapan, menulis, teks deskripsi, Model CIRC 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang