DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN GOBAK SODOR BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 05 SARWODADI KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Bahar, Rexy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:20:33 
Abstract :
Rexy Bahar. 2022. ?Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Melalui Modifikasi Permainan Gobak Sodor Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023? Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah modifikasi permainan gobak sodor dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modifikasi permainan gobak sodor dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 24 siswa. Pengambilan sampel dengan total sampling adalah cara yang digunakan mengambil sampel yang akan diambil secara total sampling yaitu sampel yang diambil adalah dari seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data kemampuan menggiring bola, yang terdiri atas: tes kognitif; tes afektif dan tes psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modifikasi permainan gobag sodor efektif meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dari thitung sebesar 9,659 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05); 2) modifikasi permainan gobag sodor efektif meningkatkan hasil belajar afektif pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dari thitung sebesar 13,201 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05); 3) modifikasi permainan gobag sodor efektif meningkatkan hasil belajar psikomotor pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dari thitung sebesar 21,158 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar menggiring bola melalui modifikasi permainan gobak sodor pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, Menggiring Bola, Permainan Gobak Sodor 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang