DETAIL DOCUMENT
HASIL BELAJAR KOGNITIF PJOK SAAT PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VIII SMP N 2 PRINGAPUS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Saputra, Rexy Giovani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:24:00 
Abstract :
Rexy Giovani Saputra ?Hasil Belajar Kognitif PJOK Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pringapus?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran yang sebelumnya digunakan pada pembelajaran tatap muka kemudian digunakan dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 2 Pringapus pada pembelajaran daring PJOK menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan secara tidak langsung (data sekunder). penelitian ini menggunakan total sampling dengan seluruh populasi digunakan sebagai sampel yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pringapus yang berjumlah 181 siswa. Hasil yang didapat pada saat penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif dari siswa kelas VIII yang berada pada kategori ?sangat rendah? sebesar 8% (14 siswa), ?rendah? sebesar 30% (54 siswa), ?sedang? sebesar 22% (39 siswa), ?tinggi? sebesar 28% (51 siswa), ?sangat tinggi? sebesar 12% (21 siswa). Dan Dari hasil perhitungan analisis data diperoleh nilai mean 72, nilai median 70, nilai modus 60, standar deviasi 12, nilai tertinggi 94, nilai terendah 40, dengan presentase ketuntasan hanya sebesar 49,1% dan siswa yang tidak tuntas sebesar 50,9%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran daring PJOK terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 2 PRINGAPUS kurang efektif. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa mayoritas hasil belajar kognitif siswa masih berada pada tingkat rendah. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kognitif, Model Pembelajaran. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang