DETAIL DOCUMENT
“GADEYA” : GAME EDUKASI PENGENALAN WAYANG BERBASIS ANDROID DENGAN PENERAPAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM UNTUK PENGACAKAN SOAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Pratiwi, Belinda Mega
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:29:01 
Abstract :
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki keberagaman dalam hal budaya serta warisannya yang unik dari setiap daerah. Salah satu warisan kebudayaan masa lampau dari Jawa yaitu kesenian wayang kulit. Belakangan ini pengenalan wayang kepada siswa belum dimaksimalkan, disamping terkikisnya ketertarikan terhadap warisan budaya dikarenakan pengaruh masuknya budaya asing, penggunaan media buku yang statis dan kurangnya variasi media pembelajaran yang interaktif menjadi beberapa faktor penyebab menurunnya minat siswa dalam materi tersebut. Seiring dengan berkembangnya teknologi, terdapat salah satu teknologi dalam bidang pendidikan yaitu Game Edukasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan penelitian ini yaitu membangun Game Edukasi pengenalan wayang dengan menggunakan algoritma Shuffle Random untuk pengacakan soal. Shuffle Random adalah algoritma pengacakan urutan indeks dari sebuah record atau array. Dengan adanya Game Edukasi pengenalan wayang berbasis Android sebagai variasi media pembelajaran, dapat membantu siswa untuk memahami dan meningkatkan minat dalam belajar mengenali wayang. Hasil dari pengujian blackbox memperoleh presentase keberhasilan 100%. Nilai cyclomatic complexcity yang dihasilkan dari pengujian white box adalah 3, sedangkan dalam pengujian user acceptance test oleh tiga guru dan dua wali murid sebagai responden menghasilkan presentase 96% pada aspek desain, 96,8% pada aspek materi dan 98,4% pada aspek kemudahan dan kemanfaatan sehingga dikategorikan sangat setuju. Game edukasi pengenalan wayang ?GADEYA? berhasil dibangun dengan metode MDLC dan penerapan algoritma Shuffle Random dapat diinstall serta berjalan sesuai yang diharapkan pada smartphone Android dengan minimal OS versi 10. Kata Kunci : Pengenalan Wayang, Game Edukasi, Shuffle Random, Media Pembelajaran 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang