Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pemahaman konsep
matematis peserta didik SMP kelas VIII ditinjau dari gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal HOTS persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Takhassus Al Qur?an Boja
tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 orang. Dari kelas tersebut dipilih
enam peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi
metode dengan membandingkan tes kemampuan pemahaman konsep
matematis dengan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil
sebagai berikut, yaitu Peserta didik dengan gaya belajar visual hanya mampu
memahami tiga indikator konsep matematis, sedangkan gaya belajar kinestetik
mampu memahami lima indikator konsep matematis, dan gaya belajar
auditorial mampu memahami enam indkator konsep dari tujuh indikator. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik dengan gaya
belajar auditorial lebih mampu memahami konsep matematis daripada gaya
belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar VAK