DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Cisilia, Rezza
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:26:47 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pemahaman konsep matematis peserta didik SMP kelas VIII ditinjau dari gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal HOTS persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Takhassus Al Qur?an Boja tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 orang. Dari kelas tersebut dipilih enam peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dengan membandingkan tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu Peserta didik dengan gaya belajar visual hanya mampu memahami tiga indikator konsep matematis, sedangkan gaya belajar kinestetik mampu memahami lima indikator konsep matematis, dan gaya belajar auditorial mampu memahami enam indkator konsep dari tujuh indikator. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik dengan gaya belajar auditorial lebih mampu memahami konsep matematis daripada gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar VAK 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang