DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Asyhar, Rifky Latieful
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:41:40 
Abstract :
Rifky Latieful Asyhar. NPM 19210011. ?Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Kota Semarang?. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya suatu kebijakan baru yang diambil oleh Kemendikbud RI yang tertuang dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 terkait Profil Pelajar Pancasila yang dalam praktiknya di lapangan masih belum sesuai dengan ketentuan yang ada. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah ?Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Semarang? yang dibagi menjadi 4 sub fokus : 1) Pembentukan karakter peserta didik melalui Profil Pelajar Pancasila, 2) Tahapan dalam perencanaan pembentukan Profil Pelajar Pancasila, 3) Evaluasi dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila, 4) Penanaman nilai karakter. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 29 Semarang sebagai berikut : 1) Pembentukan Profil Pelajar Pancasila telah dibentuk melalui tiga kegiatan di sekolah yaitu kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 2) Kegiatan intrakurikuler dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, dimana termuat tiga komponen yang mencantumkan penguatan Profil Pelajar Pancasila. 3) Kegiatan kokurikuler, pembentukannya dapat melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan cara mengerjakan projek secara bersama dan membuat laporan hasil kegiatan projek dan setiap akhir tahun akan diadakan panen hasil karya projek P5. 4) Kegiatan ekstrakurikuler, pembentukan Profil Pelajar Pancasila tidak dikhususkan dan hanya terintegrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler, dalam pelaksanaan kegiatannya telah mengimplementasikan dimensi-dimensi yang ada dalam Profil Pelajar Pancasila. Pembentukan Profil Pelajar Pancasila memiliki hambatan yang terjadi, diantaranya kurangnya atensi dari peserta didik, kurangnya komunikasi dan kolaborasi sesama stakeholder sekolah yang terlibat. Solusi yang dapat diambil yaitu dengan meningkatkan komunikasi serta kolaborasi, melibatkan semua pihak yang terkait. Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Nilai Karakter 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang