DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL IPA SD BERBASIS STEM PADA MATERI PANCA INDERA FASE A
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
BRAWIJAYA, BRAWIJAYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:44:16 
Abstract :
Melalui kegiatan assesment diharapkan siswa memiliki kepribadian yangsiap dan bisa menjadi contoh pada siswa yang lainnya, dikarenakan tiap semua siswa ada yeng meiliki kesempatan untuk mengikuti assesment awal ini. Dan pada kesempatan kali ini dapat di terapkan soal assesmet yang bertujuan untuk membantu siswa dengan mudah memahami karakteristik serta minat bakat yang dapat dimunculkan dari potensi siswa. Banyak sekali kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan dan diterapkan melaui berbagai jenis macam asesmen yang tentunya Pada masa ini sangat menghambat siswa yang sudah mengikuti asesment dengan sistem lalu. Maka dari itu dibutuhkan alternatif lain untuk membantu jalannya siswa mempelajari tahap selanjutnya dimasa sekarang ini dengan menggunakan bantuan media soal asesment awal berbasis STEM pada siswa sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik Soal STEM untuk menumbuhkan Kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar? 2) Bagaimana kelayakan media soal STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar? 3) Bagaimana kepraktisan media soal STEM di sekolah dasar? Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan instrumen soal IPA SD Berbasis STEM pada materi panca indera Fase A sampai pada tahap uji keefektifan media. Penelitian dan pengembangan media ini dilaksanakan di SDN Sawah Besar 01 Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan R&D (Research & Development ) dengan model ADDIE dengan tahapan penelitian yang meliputi analysis, design, development, implementation, evaluation yang didapatkan dalam instrumen soal yang ditunjukkan kepada 108 siswa Sekolah Dasar yang terdiri 53 laki-laki dan 55 siswa perempuan Maupun angket yang ditunjukkan kepada guru Sekolah Dasar. Hasil Validasi Ahli menunjukkan bahwa Butir Soal yang diberikan memiliki kriteria Indeks Aiken Tinggi dengan rentan <0,4 = Rendah, 0,41-0,8 = Sedang dan 0,81< = Tinggi menunjukkan hasil dari person reliability 1.00, dan item reliability 0,98 . Berdsarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas butir soal tergolong tinggi namun kemampuan siswa dalam mengerjakan soal masih tergolong sedang. Berdasrkan kriteria rentang measure order soal paling mudah memiliki nilai measure ( -4,90) sedangkan soal paling sulit diperoleh nilai measure ( +4,42). Terdapat kriteria nilai measure < -1 ( item sangat mudah ), -1 s.d 0 ( item mudah ) 0 s.d 1 ( item sulit ), >1 ( item sangat sulit ). 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang