DETAIL DOCUMENT
DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT PADA MATERI NILAI TEMPAT UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SDN PENDRIKAN LOR 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Cornellya, Rilas Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:43:55 
Abstract :
RILAS DWI CORNELLYA. NPM 19120214. ?DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT PADA MATERI NILAI TEMPAT UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SDN PENDRIKAN LOR 02?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam memahami konsep nilai tempat bilangan. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan peserta didik dalam literasi numerasinya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah desain pembelajaran bilangan bulat pada materi nilai tempat dapat mendukung kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02?, 2) Bagaimana respon siswa terhadap desain pembelajaran bilangan bulat pada materi nilai tempat untuk mendukung kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui desain pembelajaran pada materi bilangan bulat dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02, 2) Mengetahui respon siswa terhadap desain pembelajaran bilangan bulat pada materi nilai tempat untuk mendukung kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan DDR (Didactical Design Research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV B SDN Pendrikan Lor 02 tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 5 peserta didik dan guru kelas untuk dilakukan wawancara. Untuk pengambilan sampel ini dipilih dengan kategori peserta didik yang berkemampuan rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain didaktis yang digunakan dalam pembelajarancukup efektif dan dapat diterima peserta didik. Antusias dan respon peserta didik dalam proses pembelajaran baik. Dapat dikatakan bahwa desain didaktis pembelajaran yang ditawarkan dapat mendukung kemampuan literasi numerasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu guru dapat mengimplementasikan desain pembelajaran yang ditawarkan dengan menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra sebagai bentuk inovasi baru dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga perlu memberikan soal-soal terkait literasi numerasi untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang