DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 BULAKAMBA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Sanjaya, Catur Putra Ari
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 08:02:52 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang maksimal dalam mendapatkan pola asuh orang tua dan motivasi belajar. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada dorongan dari orang tua yang membuat siswa kurang maksimal dengan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Bulakamba. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode ex-postfacto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 216 siswa kelas X SMA N 1 Bulakamba. Sampel uji coba berjumlah 30 siswa dari kelas X-1, X-2, X-3, X-4, X-5, dan X-6. Sampel penelitian sebanyak 140 siswa dengan teknik sampel jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala pola asuh orag tua dan skala motivasi belajar. Hasil analisis deskriptif penelitian pola asuh orang tua didapatkan bahwa kemampuan pola asuh orang tua yang berada dalam kategori rendah sebesar 1,9%, sedangkan dalam kategori sedang sebesar 97,4%. Sedangkan untuk hasil analisis deskriptif motivasi belajar didapatkan bahwa siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah sebesar 6%, untuk siswa dengan kategori sedang sebesar 98,7% dan terdapat siswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi sebesar 6%. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis di dapakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Bulakamba, dengan nilai sig. 0,001<0,05. correlation coefficien sebesar 0,259. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar siswa dapat memanfaatkan pola asuh orang tua untuk meningkatan motivasi belajar dengan maksimal. Serta untuk guru Bk diharapkan untuk menindaklanjuti permasalahan ini dengan memperkaya assesment dan kegiatan layanan BK di sekolah. Kata kunci : Pola asuh orang tua, motivasi belaja 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang