DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI RA RIZKY KARIMAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Swasanti, Risa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:57:22 
Abstract :
Risa Swasanti ?UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI RA RIZKY KARIMAH MOJOLEGI, TERAS, BOYOLALI?. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H S.Pd. M.Pd. Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekan dalam kehidupan sehari hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Kejujuran adalah kesadaran apa yang benar dan tepat dalam peran seseorang, perilaku seseorang, dan satu hubungan. Dengan kejujuran tidak ada kemunafikan atau kepalsuan yang menciptakan kebingungan dan ketidakpercayaan dalam pikiran dan kehidupan orang lain. Karakter jujur dapat dilakukan melalui perkataan, tindakan, serta kegiatan spontan saat guru mengetahui perilaku siswa yang baik dan kurang baik melalui permainan tradisionla congklak. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya meningkatkan pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisiomal congklak di RA Rizky Karimah. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak pada kelompok A di RA Rizky Karimah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional congklak dapat meningkatkan pemahaman karakter kejujuran anak. Penelitian ini diperoleh dengan tehnik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan seanyak dua kali hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman karakter kejujuran anak yaitu siklus 1 mencapai 40% pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya sebagai orang tua memahami kebutuhan anak dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang