DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PAPER (PAPAN PERKALIAN) PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SDN 2 JEGONG KABUPATEN BLORA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SAFITRI, LISA AYU
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:58:26 
Abstract :
Latar belakang dalam penelitian ini adalah matematika termasuk kedalam salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar. Namun, banyak siswa SD yang kurang menyukai pelajaran matematika, salah satunya materi perkalian. Siswa kurang menyukai materi perkalian, kurang memahami materi perkalian, dan kurang fokus saat mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media PAPER (Papan Perkalian) untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi perkalian siswa kelas II SDN 2 Jegong Kabupaten Blora? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media PAPER (Papan Perkalian) sebagai media pembelajaran matematika materi perkalian siswa kelas II SDN 2 Jegong Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menerapkan prosedur Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN 2 Jegong Kabupaten Blora dengan jumlah 18 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, simpulan yang dapat peneliti berikan pada penelitian ini yaitu: media dikembangkan melalui proses: 1) pengumpulan informasi, melalui observasi dan wawancara pada tahap ini ditemukan masalah yaitu siswa kurang menyukai pelajaran matematika, pada materi perkalian siswa kurang memahami dan kurang fokus dalam pembelajaran, serta guru belum menggunakan media pembelajaran. 2) perencanaan, pada tahap perencanaan peneliti berencana untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat mengatasi adanya permasalahan. 3) mengembangkan desain produk awal, pada tahapan ini peneliti mengembangkan desain media PAPER, dengan menetapkan tujuan pengembangan media serta menyusun materi dengan berpedoman pada KI dan KD pada buku guru kelas II. 4) uji lapangan awal, pada penelitian ini melalui uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, hasil validitas dari ahli media memperoleh nilai rata?rata 92% dan dari ahli materi memperoleh nilai rata- rata 81%, sedangkan reliabilitas media memperoleh nilai 95,7% dan reliabilitas materi memperoleh nilai 98, 8%. Media termasuk kedalam kriteria valid dan reliabel. 5) revisi uji coba, pada tahap ini media ada perubahan desain untuk mempermudah pemahaman siswa, menambah aturan penggunaan media dan penggantian bahan papan. Setelah melalui revisi langkah berikutnya yakni uji coba media di kelas II SDN 2 Jegong Kabupaten Blora, dengan memberikan soal evaluasi. Pada uji coba siswa memperoleh nilai diatas KKM (70) dan hasil rata- rata nilai 18 siswa kelas II yaitu 97,2. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang