DETAIL DOCUMENT
PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH RMATEMATIKA SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Kumalasari, Rima Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 07:59:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Subjek pada penelitian ini ada 3 orang siswa kelas VII Mts Al Mashyud Weleri yang telah digolongkan berdasarkan gaya belajar. Terdiri dari satu siswa dengan tipe gaya belajar visual, satu siswa dengan tipe gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sediri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah angket gaya belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsaan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Subjek dengan tipe gaya belajar Visual mampu menyelesaikan 3 tahapan yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, dan melaksanakan rencana, Subjek dengan tipe gaya belajar Auditori mampu menyelesaiakan 3 tahapan yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, dan melaksanakan rencana, dan Subjek dengan tipe gaya belajar Kinestetik mampu menyelesaiakan 4 tahapan yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematika, profil, gaya belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang