DETAIL DOCUMENT
DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN KONTEKS MASJID AGUNG SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Karomah, Risma Mutiara
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 08:00:17 
Abstract :
Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang dirasa sulit dalam pembelajaran geometri. Namun, masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Oleh karena itu, perlu dirancang aktivitas pembelajaran siswa yang menekankan pada pemahaman konsep dengan menggunakan pendekatan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar berkonteks Masjid Agung Semarang di kelas VIII SMP N 1 Bulu. Penelitian ini menggunakan metode design research. Hasil penelitian ini adalah desain lintasan belajar dari materi bangun ruang sisi datar dengan konteks Masjid Agung Semarang. Lintasan belajar ini terdiri dari 5 aktivitas yaitu mengamati video dan membuat miniatur Masjid Agung Semarang untuk mengidentifikasi jenis dan unsur-unsur bangun ruang sisi datar, menemukan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun kubus dan balok, menemukan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun prisma, menemukan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun limas, menemukan hubungan antara diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal, serta menyelesaikan masalah kontekstual. Dari aktivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa lintasan belajar yang dikembangkan dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam materi bangun ruang sisi datar. Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Luas Permukaan dan Volume, design research 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang