DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SDN SUGIHREJO 01 PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RISTIANA, RINA NINDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 08:01:51 
Abstract :
RINA NINDA RISTIANA. NPM 19120099. ?Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Media PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati? Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Pembimbing II Qoriati Mushafanah, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa mengalami i kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan, terutama ketika siswa diminta untuk menyelesaikannya dalam bentuk gambar, siswa cenderung pasif saat kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang efektif, serta hasil belajar siswa yang belum maksimal. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran PBL berbantu media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest sebesar 57,5 dan rata?rata posttest sebesar 87,5 . Berdasarkan hasil uji t dengan df = N-1 = 12-1 = 11 dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung 8,618 dan ttabel 2,201. Ketuntasan belajar klasikal siswa kelas III yaitu sebesar 92%. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara nilai pretest dan posttest, artinya ada pengaruh model pembelajaran PBL berbantu media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah matemtika materi pecahan kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis menyampaikan saran bagi guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media PhET pada proses pembelajaran matematika terutama pada materi pecahan. Hal tersebut dikarenakan, model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika terutama pada materi pecahan. Kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Media PhET, Kemapuan Pemecahan Masalah Matematika 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang