DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (PPPPP) PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI SD NEGERI BEJIREJO KUNDURAN KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ASTUTI, RINA PUJI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-18 08:03:58 
Abstract :
RINA PUJI ASTUTI. NPM 19120327. ?Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPPPP) dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV di SD Bejirejo Kunduran? . Skripsi . Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini ialah adanya perubahan kurikulum dari kemendikbudristek dikarnakan adanya pandemi yang cukup lama membuat tingkat pendidikan menurun. Meningkatnya sikap malas belajar para peserta didik,. Sehingga penerapan Kurikulum baru yang bernama Kurikulum Merdeka dengan adanya beberapa kegiatan yang pada penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) . Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan P5 pada siswa di kelas IV SD N Bejirejo Kunduran?, 2) Mengetahui kendala penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?, 3) Mengetahui hasil penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, hasil, dan kendala dalam penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Kemudian menggunakan teknik tringualisasi sumber yaitu Kepala Sekolah, Guru kelas I dan IV , dan Siswa kelas I dan IV dengan jumlah 33 siswa , selanjutnya tringualisasi waktu yang dilaksanan pada siang hari di lokasi SD N Bejirejo Kunduran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di kelas IV SD Bejirejo Kunduran sudah cukup baik. Guru-guru telah menerapkan kurikulum merdeka dengan beberapa tema yaitu Kewirausahaan, Gaya hidup berkelanjutan, dan Outing Class. Proyek yang dilakukan siswa juga sudah mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan alur pelaksanaan P5 yang sudah dilaksanakan dan dibentuk oleh SD N Bejirejo Kunduran sebelum pelaksanaan P5 berlangsung. Bagi sekolah untuk sering mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan kegiatan P5 dan memaksimalkan fasilitas sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan agar dapat dilaksanakan secara efektif. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang