Abstract :
RINA PUJI ASTUTI. NPM 19120327. ?Analisis Penerapan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (PPPPP) dalam Kurikulum Merdeka di Kelas
IV di SD Bejirejo Kunduran? . Skripsi . Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini ialah adanya perubahan
kurikulum dari kemendikbudristek dikarnakan adanya pandemi yang cukup lama
membuat tingkat pendidikan menurun. Meningkatnya sikap malas belajar para
peserta didik,. Sehingga penerapan Kurikulum baru yang bernama Kurikulum
Merdeka dengan adanya beberapa kegiatan yang pada penerapan projek
penguatan profil pelajar pancasila (P5) .
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan
P5 pada siswa di kelas IV SD N Bejirejo Kunduran?, 2) Mengetahui kendala
penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum
Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?, 3) Mengetahui hasil penerapan Projek
Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N
Bejirejo Kunduran?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses, hasil, dan kendala dalam penerapan projek penguatan profil
pelajar pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Kemudian menggunakan teknik tringualisasi sumber yaitu Kepala Sekolah, Guru
kelas I dan IV , dan Siswa kelas I dan IV dengan jumlah 33 siswa , selanjutnya
tringualisasi waktu yang dilaksanan pada siang hari di lokasi SD N Bejirejo
Kunduran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan profil
pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di kelas IV SD Bejirejo Kunduran
sudah cukup baik. Guru-guru telah menerapkan kurikulum merdeka dengan
beberapa tema yaitu Kewirausahaan, Gaya hidup berkelanjutan, dan Outing Class.
Proyek yang dilakukan siswa juga sudah mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila
dengan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan
alur pelaksanaan P5 yang sudah dilaksanakan dan dibentuk oleh SD N Bejirejo
Kunduran sebelum pelaksanaan P5 berlangsung. Bagi sekolah untuk sering
mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan kegiatan P5 dan memaksimalkan
fasilitas sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan agar dapat dilaksanakan
secara efektif.